User Interface
Halo umat gaptek apa kabar ..?? semoga dalam
keadaan sehat ya. Pada kesempatan kali ini, admin akan sedikit berbagi
informasi tentang Tujuan Interface User, perbandingan interface, tipe-tipe
interface, dan tipe-tipe interaksi. Interface sendiri merupakan salah satu
media yang digunakan komputer untuk berkomunikasi dengan user/manusia.
interface di komputer dikenal dengan GUI (Graphical User Interface).
Tujuan Antar Muka (interface) Pengguna
·
Menyesuaikan antar muka pengguna dengan tugas.
·
Membuat efesiensi antar muka pengguna.
·
Memberikan arus balik yang tepat kepada pengguna.
·
Memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat
dimanfaatkan.
·
Memperbaiki produktivitas dari pengetahuan pegawai.
Tipe-tipe User Interface
·
User interface bahasa alamiah
·
User interface pertanyaan dan jawaban
·
User interface menu-menu
·
User interface formulir isian
·
User interface bahasa perintah
·
User interface GUI (Graphical User Interface)
·
User interface pada web
Menu-menu User interface
- Menyediakan
daftar pilihan dalam jumlah yang terbatas yang biasanya berupa suatu
kalimat atau kumpulan beberapa kata sehingga pengguna dapat menetukan
pilihannya
- Jenis
berdasarkan teknik penampilan pilihan-pilihannya
– sistem menu datar
» menampilkan semua pilihan secara
lengkap
– sistem menu tarik
» menampilkan daftar pilihan dalam
kelompok-kelompok tertentu
Contoh :
Menu-driven Applications
Whizz Co Reporting System :
1. Purchasing Reports
2. Sales Reports
3. Purchasing Data Entry
4. Sales Data Entry
5. System Administration
User Interface Formulir Isian
Kualitas tergantung pada tiga aspek :
- Tampilan
pada layar yang mencerminkan struktur data masukan yang diperlukan oleh
sistem
- Kejelasan
perancangan dan penyajiannya secara visual pd layar
- Derajat
kebenaran dan kehandalan penerimaan data masukan oleh program lewat
berbagai fasilitas pemasukan data yang ada pada borang
User Interface Bahasa Perintah
Memberi kemudahan kepada user untuk mengontrol
suatu aplikasi dengan serangkaian tekanan tombol, perintah-perintah, frase atau
beberapa rangkaian dari 3 metode ini.
User Interface GUI
Memungkinkan adanya manipulasi langsung pada
tampilan grafis di layar, yang dapat diselesaikan dengan inputan dari keyboard,
joystick atau mouse.
Arus Balik untuk User
- Semua
sistem memerlukan arus balik à untuk memonitor
- Arus
balik pada user dari sistem diperlukan dalam 7 situasi yang berbeda.
- Contoh:
warning, proses, menunggu (wait)
Produktivitas dan
Rancangan ergonomis :
·
Ergonomis, mengacu pada penerapan data biologis dan
teknis pada suatu masalah yang berkaitan dengan orang-orang dan mesin-mesin
yang mereka gunakan untuk bekerja
·
Variable tempat kerja yang penting untuk
dipertimbangkan:
o warna ruang komputer dan pencahayaan
o tampilan layar
o keyborad user, mouse
o meja komputer dan kursi
Tipe Interaksi
Pemilihan tipe interaksi yang tepat dapat
memberikan efek yang baik terhadap dialog antara user dengan komputer. Terdapat
beberapa tipe interaksi yang umum digunakan, yaitu :
1.
Command Line Interface
(CLI)
Merupakan bentuk dialog interaktif yang pertama digunakan dan masih
dipakai hingga saat ini. Dengan CLI, user memberikan instruksi secara langsung
kepada komputer menggunakan tombol fungsi, karakter tunggal, command dalam
bentuk singkat maupun panjang. CLI memungkinkan user mengakses dengan cepat
fungsi sistem dan beberapa tools.
2.
Menu
Pada menu-driven interface , sekumpulan opsi / pilihan yang tersedia
bagi user ditampilkan pada layar dan dapat dipilh dengan menggunakan mouse atau
tombol numerik maupun alfabetik. Pilihan pada menu harus merepresentasikan arti
dan dikelompokkan berdasarkan suatu kategori agar mudah dikenali dan memudahkan
user memilih sesuai dengan tugas yang akan dilaksanakan.
3.
Natural language
Mungkin merupakan mekanisme komunikasi yang atraktif. Umumnya, komputer
tidak dapat mengerti instruksi yang dituliskan dalam bahasa sehari-hari.
Natural language dapat mengerti input tertulis (written input) dan suara
(speech input). Namun masih ada kekurangan dalam hal ambiguity (kerancuan) pada
aspek sintaks dan semantik.
4.
Q/A
Merupakan mekanisme sederhana untuk input pada beberapa aplikasi. User
diberikan serangkaian pertanyaan umumnya dalam bentuk jawaban ya/tidak
(Y/N), pilihan ganda atau dalam bentuk kode, dan dibimbing tahap demi
tahap selama proses interaksi. Interface ini mudah dipelajari namun
terbatas fungsinya.
5.
Form-fills and spreadsheet
Form-fill utamanya digunakan untuk aplikasi pemasukan (data entry) dan
pencarian (data retrieval) data. Bentuk form-fill adalah berupa display yang
menyerupai selembar kertas dengan beberapa slot / field untuk diisi.
Spreadsheet adalah variasi dari form-fill. Spreadsheet terdiri dari sel yang
dapat berisi nilai atau formula.
6.
WIMP interface (Windows,
Icons, Menu, Pointers)
WIMP merupakan default interface untuk sebagian besar sistem komputer
interaktif yang digunakan saat ini terutama pada PC dan desktop workstation. Window merupakan area layar yang berprilaku seperti
terminal independent dan berisi grafik atau teks yang dapat dipindahkan dan
idiubah ukurannya. Satu layar dapat terdiri dari lebih 1 window yang
memungkinkan lebih dari satu tugas aktif pada saat yang sama. Icon merupakan
sebuah gambar kecil yang digunakan untuk merepresentasikan windows yang sedang
berada dalam keadaan tertutup (closed). Window dapat diaktifkan / diperbesar
dengan meng-klik icon yang bersangkutan, dan sebaliknya jika user tidak
menggunakan / mengerjakan tugas pada satu window tertentu maka dia dapat
menon-aktifkan window menjadi icon yang disebut sebagai iconifying . Menu
adalah tehnik interaksi yang umum digunakan bahkan oleh sistem non-window
sekalipun. Menu menampilkan pilihan operasi atau layanan yang diberikan /
tersedia oleh sistem. User dapat memperoleh petunjuk mengenai operasi apa saja
pada sistem melalui menu. Oleh karena itu penamaan pad amenu haruslah memiliki
arti dan informatif. Pointer merupakan komponen yang penting dalam sistem WIMP
karena interaksi pada sistem ini memerlukan aktifitas menunjuk (pointing) dan
memilih (selecting). User diberikan cursor pada layar yang dapat dikendalikan
oleh peralatan input seperti mouse, joystick, ataupun trackball.
Kesimpulan :
Jadi Interface merupakan salah satu media yang
digunakan komputer untuk berkomunikasi dengan manusia. interface di komputer
dikenal dengan GUI (Graphical User Interface). Dan dalam interaksi manusia
dengan Komputer, Pemilihan tipe interaksi yang tepat sangat diperlukan karena
dapat memberikan efek yang baik terhadap dialog antara user dengan komputer.
ok
ReplyDeletesiap min, makasih banyak info yang bermanfaatnya ,. sukses terus solder temperatur
Siap Sama2 :D
DeletePost a Comment