User Interface  

Halo umat gaptek apa kabar ..?? semoga dalam keadaan sehat ya. Pada kesempatan kali ini, admin akan sedikit berbagi informasi tentang Tujuan Interface User, perbandingan interface, tipe-tipe interface, dan tipe-tipe interaksi. Interface sendiri merupakan salah satu media yang digunakan komputer untuk berkomunikasi dengan user/manusia. interface di komputer dikenal dengan GUI (Graphical User Interface).

Tujuan Antar Muka (interface) Pengguna

·         Menyesuaikan antar muka pengguna dengan tugas.

·         Membuat efesiensi antar muka pengguna.

·         Memberikan arus balik yang tepat kepada pengguna.

·         Memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan.

·         Memperbaiki produktivitas dari pengetahuan pegawai.

 

Tipe-tipe User Interface

·         User interface bahasa alamiah

·         User interface pertanyaan dan jawaban

·         User interface menu-menu

·         User interface formulir isian

·         User interface bahasa perintah

·         User interface GUI (Graphical User Interface)

·         User interface pada web


Menu-menu User interface

  • Menyediakan daftar pilihan dalam jumlah yang terbatas yang biasanya berupa suatu kalimat atau kumpulan beberapa kata sehingga pengguna dapat menetukan pilihannya
  • Jenis berdasarkan teknik penampilan pilihan-pilihannya

          – sistem menu datar

          » menampilkan semua pilihan secara lengkap

          – sistem menu tarik

          » menampilkan daftar pilihan dalam kelompok-kelompok tertentu

        Contoh :

                     Menu-driven Applications

                     Whizz Co Reporting System :

                     1. Purchasing Reports

                     2. Sales Reports

                     3. Purchasing Data Entry

                     4. Sales Data Entry

                     5. System Administration

 

User Interface Formulir Isian

Kualitas tergantung pada tiga aspek :

  • Tampilan pada layar yang mencerminkan struktur data masukan yang diperlukan oleh sistem
  • Kejelasan perancangan dan penyajiannya secara visual pd layar
  • Derajat kebenaran dan kehandalan penerimaan data masukan oleh program lewat berbagai fasilitas pemasukan data yang ada pada borang

User Interface Bahasa Perintah

Memberi kemudahan kepada user untuk mengontrol suatu aplikasi dengan serangkaian tekanan tombol, perintah-perintah, frase atau beberapa rangkaian  dari 3 metode ini.

User Interface GUI

Memungkinkan adanya manipulasi langsung pada tampilan grafis di layar, yang dapat diselesaikan dengan inputan dari keyboard, joystick atau mouse.

Arus Balik untuk User

  • Semua sistem memerlukan arus balik Ã untuk memonitor
  • Arus balik pada user dari sistem diperlukan dalam 7 situasi yang berbeda.
  • Contoh: warning, proses,  menunggu (wait)

Produktivitas dan Rancangan ergonomis :

·         Ergonomis, mengacu pada penerapan data biologis dan teknis pada suatu masalah yang berkaitan dengan orang-orang dan mesin-mesin yang mereka gunakan untuk bekerja

·         Variable tempat kerja yang penting untuk dipertimbangkan:

o   warna ruang komputer dan pencahayaan

o   tampilan layar

o   keyborad user, mouse

o   meja komputer dan kursi

 

Tipe Interaksi

Pemilihan tipe interaksi yang tepat dapat memberikan efek yang baik terhadap dialog antara user dengan komputer. Terdapat beberapa tipe interaksi yang umum digunakan, yaitu :

 

1.      Command Line Interface (CLI)

Merupakan bentuk dialog interaktif yang pertama digunakan dan masih dipakai hingga saat ini. Dengan CLI, user memberikan instruksi secara langsung kepada komputer menggunakan tombol fungsi, karakter tunggal, command dalam bentuk singkat maupun panjang. CLI memungkinkan user mengakses dengan cepat fungsi sistem dan beberapa tools.

2.      Menu

Pada menu-driven interface , sekumpulan opsi / pilihan yang tersedia bagi user ditampilkan pada layar dan dapat dipilh dengan menggunakan mouse atau tombol numerik maupun alfabetik. Pilihan pada menu harus merepresentasikan arti dan dikelompokkan berdasarkan suatu kategori agar mudah dikenali dan memudahkan user memilih sesuai dengan tugas yang akan dilaksanakan.

 

3.      Natural language

Mungkin merupakan mekanisme komunikasi yang atraktif. Umumnya, komputer tidak dapat mengerti instruksi yang dituliskan dalam bahasa sehari-hari. Natural language dapat mengerti input tertulis (written input) dan suara (speech input). Namun masih ada kekurangan dalam hal ambiguity (kerancuan) pada aspek sintaks dan semantik.

 

4.      Q/A

Merupakan mekanisme sederhana untuk input pada beberapa aplikasi. User diberikan serangkaian pertanyaan umumnya dalam bentuk jawaban ya/tidak (Y/N), pilihan ganda atau dalam bentuk kode, dan dibimbing tahap demi tahap selama proses interaksi. Interface ini mudah dipelajari namun terbatas fungsinya.

 

5.      Form-fills and spreadsheet

Form-fill utamanya digunakan untuk aplikasi pemasukan (data entry) dan pencarian (data retrieval) data. Bentuk form-fill adalah berupa display yang menyerupai selembar kertas dengan beberapa slot / field untuk diisi. Spreadsheet adalah variasi dari form-fill. Spreadsheet terdiri dari sel yang dapat berisi nilai atau formula. 

 

6.      WIMP interface (Windows, Icons, Menu, Pointers)

WIMP merupakan default interface untuk sebagian besar sistem komputer interaktif yang digunakan saat ini terutama pada PC dan desktop workstation. Window merupakan area layar yang berprilaku seperti terminal independent dan berisi grafik atau teks yang dapat dipindahkan dan idiubah ukurannya. Satu layar dapat terdiri dari lebih 1 window yang memungkinkan lebih dari satu tugas aktif pada saat yang sama. Icon merupakan sebuah gambar kecil yang digunakan untuk merepresentasikan windows yang sedang berada dalam keadaan tertutup (closed). Window dapat diaktifkan / diperbesar dengan meng-klik icon yang bersangkutan, dan sebaliknya jika user tidak menggunakan / mengerjakan tugas pada satu window tertentu maka dia dapat menon-aktifkan window menjadi icon yang disebut sebagai iconifying . Menu adalah tehnik interaksi yang umum digunakan bahkan oleh sistem non-window sekalipun. Menu menampilkan pilihan operasi atau layanan yang diberikan / tersedia oleh sistem. User dapat memperoleh petunjuk mengenai operasi apa saja pada sistem melalui menu. Oleh karena itu penamaan pad amenu haruslah memiliki arti dan informatif. Pointer merupakan komponen yang penting dalam sistem WIMP karena interaksi pada sistem ini memerlukan aktifitas menunjuk (pointing) dan memilih (selecting). User diberikan cursor pada layar yang dapat dikendalikan oleh peralatan input seperti mouse, joystick, ataupun trackball.

 

Kesimpulan :

Jadi Interface merupakan salah satu media yang digunakan komputer untuk berkomunikasi dengan manusia. interface di komputer dikenal dengan GUI (Graphical User Interface). Dan dalam interaksi manusia dengan Komputer, Pemilihan tipe interaksi yang tepat sangat diperlukan karena dapat memberikan efek yang baik terhadap dialog antara user dengan komputer.


Keyword :
Tujuan User Interface 
Tujuan Antar Muka (Interface) Pengguna
Tipe - Tipe User Interface
User Interface Bahasa Alamiah
Menu Pada User Interface 
Menu - Menu User Interface
User Interface Formulir Isian
User Interface Bahasa Perintah
User Interface GUI (Grapic User Interface)
Tipe Interaksi Pada User Interface
Command Line Interface (CLI)
Natural language
Q/A
Form-fills and spreadsheet
WIMP interface (Windows, Icons, Menu, Pointers)

2 Comments

Post a Comment